Pentingnya Sistem Pemilihan dalam Sebuah Organisasi

Setiap tahun, organisasi-organisasi yang ada di Indonesia selalu melakukan pemilihan secara berkala. Pemilihan yang diselenggarakan pun dibuat khusus untuk menetapkan ketua organisasi yang bahkan beberapa dari mereka juga menyelenggarakan pemilihan untuk anggota pengurus organisasi tersebut. Organisasi yang kerap melakukan pemilihan pun ada beragam, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) hingga organisasi sosial, masyarakat dan keagamaan. Kalau dilihat lebih jauh pun, setiap negara demokrasi pasti selalu melakukan pemilihan presiden setiap 4 sampai 5 tahun sekali. Nah, Anda pernah bertanya-tanya nggak sih, kenapa harus ada pemilihan? Apa sih tujuannya?

Pemilihan ketua organisasi dan anggota pengurus organisasi itu ternyata sangat penting loh! Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki prinsip demokrasi, tentunya, mewujudkan dan menumbuhkan kesadaran perihal prinsip tersebut sangat perlu diterapkan. Apa hubungannya demokrasi dengan pemilihan?

Simak alasan-alasan berikut ini ya!

Pemilihan Sebagai Wujud Dari Negara Demokrasi

Selama menempuh pendidikan di Indonesia, pastinya Anda tidak asing lagi dengan tata cara pemungutan suara kan? Seperti musyawarah, voting, dan lain-lain. Tanpa Anda sadari, pemilihan seperti itu adalah bentuk dari demokrasi suatu negara. Demokrasi mempunyai arti bahwa segala keputusan dan kekuasaan negara ada di tangan rakyatnya. Pemilihan di dalam sebuah organisasi pun tidak beda jauh dengan metode pemilihan yang sudah pernah Anda pelajari sebelumnya. Hanya saja, pemilihan organisasi lebih berfokus pada pemilihan ketua organisasi yang bisa dibilang memiliki skala lebih kecil dibanding pemilihan presiden suatu negara. Walaupun pemilihan ketua organisasi memiliki skala yang berbeda, melakukan pemilihan apa saja dengan cara yang demokrasi dan adil itu berarti Anda sudah mempraktekan secara langsung apa artinya menjadi seorang warga negara Indonesia yang memiliki hak untuk memilih dan dipilih! Kita pasti nya ingin menggunakan hak asasi kita dengan baik, bukan?

Hak untuk Memilih Pemimpin yang Baik Bagi Anda

Bukan hanya negara saja yang membutuhkan pemimpin yang baik, tetapi organisasi pun juga membutuhkan ketua organisasi yang mampu mengemban tanggung jawab dan bisa menjadi panutan bagi orang lain terutama anggota-anggota nya. Jika Anda adalah bagian dari sebuah organisasi, memiliki ketua organisasi yang bisa menuntun Anda ke arah yang lebih baik itu adalah hal yang sangat krusial, loh! Ketua organisasi mempunyai peran yang sangat penting untuk mewujudkan tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Maka dari itu, pemilihan ketua organisasi sangat lah penting dalam menjamin lancar nya roda organisasi yang berjalan. Dengan memiliki ketua organisasi yang kompeten, organisasi Anda juga dapat berkembang dan memperoleh manfaat yang lebih banyak daripada sebelumnya. Karenanya, ketua organisasi adalah faktor yang sangat vital dalam sebuah organisasi. 

Mendorong Regenerasi Organisasi 

Kata ‘pemilihan’ sangat terikat dengan pergantian anggota organisasi. Tentunya, pergantian ketua organisasi maupun anggotanya bukanlah hal yang buruk, sebaliknya ini peristiwa yang sangat baik. Dengan adanya pemilihan ketua organisasi yang baru, organisasi dapat melalui regenerasi pada waktunya. Regenerasi adalah hal yang baik karena dengan mengganti atau memasukkan orang-orang baru dalam sebuah organisasi mendorong adanya proses pengkaderan untuk menumbuhkan generasi yang berkualitas. Perkembangan organisasi pun sangat bergantung pada pemilihan ketua organisasi dan orang-orang di dalam nya yang pastinya diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi organisasi tersebut. Jika pemilihan ketua organisasi dan pengurusnya terus dilakukan setiap tahun, maka organisasi tersebut dapat bertahan lama juga dari generasi ke generasi selanjutnya.

Dengan Adanya COVID-19 Saat Ini, Bagaimana Cara nya Melakukan Pemilihan di Tengah Pandemi?

Sebelum pandemi terjadi, pemilihan konvensional selalu dilakukan untuk menetapkan seorang ketua dan anggota organisasi. Namun, mulai sekarang kita harus mulai menanamkan kebiasaan baru, yaitu melakukan pemilihan secara online! 

Tetapi bukannya lebih sulit? Sudah pernah pakai platform online tetapi lebih memusingkan dan rentan diretas? Pendataannya pasti susah!

DukungCalonmu hadir untuk menjawab semua keresahan Anda tentang pemilihan online! Melalui DukungCalonmu Anda akan dibantu dalam menyusun dan menjamin keamanan jalannya pemilihan umum organisasi Anda dengan keunggulan 256-Bit Encryption yang DukungCalonmu miliki! Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir tentang validasi nya suatu hak suara karena DukungCalonmu akan selalu melakukan validasi hak pemilih sebelum pemilih dapat melakukan pemungutan suara. Terlebih, dengan pemilihan online, Anda dapat menjangkau anggota-anggota Anda yang tersebar di seluruh Indonesia karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun!

DukungCalonmu juga memberikan layanan berupa custom website, hal ini akan memberikan organisasi Anda identitas tersendiri. Pendataan Data Pemilih Tetap pun dilakukan dengan sangat mudah, Anda hanya perlu mencantumkan email pemilih, sehingga tidak perlu repot-repot meminta nomor telepon apalagi alamat rumah calon pemilih. Soal harga? Pastinya sangat terjangkau!

Jadi tunggu apalagi? Apakah organisasi Anda sudah siap untuk melakukan kebiasaan pemilihan online mulai saat ini?

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *