Tipe – Tipe Pemimpin yang Harus Kamu Ketahui

Pemimpin merupakan seseorang yang dipercayai oleh anggota untuk mengemban tanggung jawab yang besar untuk memimpin sebuah kelompok, grup, atau organisasi. Tidak hanya sekedar sebuah jabatan, seorang pemimpin harus dapat mempengaruhi anggotanya untuk patuh dan mau menjalankan apa yang diperintahkan. Pemimpin yang baik, harus memiliki sifat yang bijaksana, bertanggung jawab, siap dalam segala hal, dan berani ambil resiko. Uniknya dari semua sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin, memimpin sebuah organisasi pun memiliki berbagai macam tipe kepemimpinan.

Pernahkah kamu atau saat ini kamu merasakan dipimpin dengan cara yang keras? Atau bahkan dengan cara yang santai? Atau kamu sedang bingung ingin bersikap seperti apa ketika memimpin? Tipe pemimpin manakah yang sedang kamu hadapi atau akan kamu gunakan saat ini? Berikut tipe – tipe pemimpin yang harus kamu ketahui:

1. Tipe otoriter

Tipe yang pertama adalah otoriter, pemimpin dengan tipe ini akan bersikap sebagai penguasa tertinggi yang memiliki mempunyai kekuasaan dalam mengambil keputusan tanpa adanya kritik atau saran yang mempengaruhi kebijakannya dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Apa yang ada di pikiran dan ucapannya adalah benar.
  • Menganggap bawahan hanya sebagai pembantu yang menyukseskan keinginannya.
  • Tidak mau menerima pendapat, kritik dan saran dari bawahan.
  • Tidak segan untuk melakukan paksaan atau hukuman kepada bawahan yang tidak mematuhi perintah.

Pemimpin dengan tipe otoriter memiliki kelebihan diantaranya adalah dapat mengambil keputusan yang cepat, sehingga pekerjaan akan terlaksana dengan sangat disiplin. Namun kekurangan dari tipe kepemimpinan ini adalah bawahan akan merasa tidak nyaman, kedisiplinan yang terjadi tidak ikhlas dilakukan melainkan karena paksaan dan pengawasan yang dilakukan hanya sampai pada apakah perintah sudah dilakukan dengan baik.

2. Tipe demokratis

Dapat dikatakan bahwa tipe ini merupakan kebalikan dari tipe otoriter. Tipe pemimpin ini akan memberikan kebebasan pada anggotanya untuk berpendapat, menyampaikan aspirasi, serta mengembangkan bakat dan mempertimbangkan musyawarah untuk menetapkan suatu kebijakan yang akan dilakukan.

Tipe pemimpin ini akan membuat bawahan nyaman karena mau menerima saran, melakukan upaya sinkronisasi antar tujuan organisasi dengan tujuan pribadi, akan berupaya mengoptimalkan potensi yang ada pada bawahannya. Lambat dalam pengambilan keputusan karena harus meminta saran atau pertimbangan dari bawahan atau bahkan melakukan musyawarah terlebih dahulu dan sulit menemukan kata sepakat.

3. Delegatif

Tipe pemimpin ini dapat dikatakan cukup unik karena pemimpin dengan tipe ini memberikan wewenang bagi anggotanya untuk mengambil keputusan dan hanya bisa dijalankan oleh orang-orang tertentu.

Tipe pemimpin ini sendiri sering kali dianggap memiliki banyak kekurangan, namun kelebihan dari tipe pemimpin ini pun cukup baik. Kelebihan dari tipe pemimpin ini adalah bawahan akan merasa nyaman karena diberikan kepercayaan yang besar dan membuat karyawan memiliki sifat loyalitas yang tinggi. Kekurangannya adalah setiap bawahan akan memiliki arah dan tujuan yang berbeda -beda sehingga tidak jelas arah dan tujuan organisasi, tidak semua bawahan memiliki sikap tanggung jawab membuat sering kali gagal ketika mengambil keputusan.

Baca juga: Awal Tahun Ganti Kepengurusan Organisasi, Tapi Pandemi Gini?

4. Birokrasi

Tipe pemimpin birokrasi merupakan tipe pemimpin yang taat akan ketentuan yang berlaku. Dalam mengambil kebijakan, pemberian arahan kepada bawahan, dan melaksanakan tugas pemimpin ini akan selalu mengacu pada aturan atau SOP yang berlaku. Tipe pemimpin ini biasanya ditemukan pada organisasi – organisasi tradisional dan senioritas masih sering ditemukan dalam tipe pemimpin ini.

Kelebihan dari tipe pemimpin ini adalah memiliki aturan yang jelas saat bawahan melaksanakan tugas, bawahan akan bekerja secara tertib. Kekurangan dari tipe pemimpin ini adalah bawahan tidak akan berkembang dan berpikir out of the box dan pemimpin akan sulit mendapat masukan saran atau kritik karena SOP yang berlaku.

Kesimpulan

Berbagai macam tipe pemimpin yang telah dijelaskan sebelumnya dapat menjadi acuan kamu ketika memimpin sebuah organisasi. Apapun tipenya sah – sah saja untuk kamu jalani selama tidak melanggar hukum dan ketentuan yang berlaku. Namun hal yang harus diingat adalah, sebuah organisasi tidak akan berjalan jika hanya terdiri dari seorang pemimpin, organisasi akan berjalan dengan baik dengan kehadiran anggota yang maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Jadi tipe pemimpin mana yang akan kamu pilih?

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *