Awal Tahun Ganti Kepengurusan Organisasi, Tapi Pandemi Gini?

Pemilihan pengurus  biasanya dilaksanakan setiap satu tahun sekali atau lebih, tergantung dari kebijakan organisasi sendiri. Kegiatan ini menjadi penting setiap tahun karena dengan adanya pemilihan pengurus, kita dapat memilih ketua/pengurus yang dianggap mumpuni dan berkualitas untuk memimpin organisasi. Selain itu, pemilihan pengurus memang merupakan wujud dan fondasi utama dari sistem demokrasi di Indonesia. Pada awalnya, sistem pemilihan pengurus ini hanya dengan pencoblosan yang dilakukan secara langsung di tempat pemilihan pengurus. Kita harus mengeluarkan biaya ongkos, biaya kampanye, biaya ketika pemilihan dilaksanakan, dan biaya yang sifatnya administratif. Selain itu, ditambah pula saat ini keadaan sedang pandemi dan tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pemilihan pengurus secara offline. Tentunya dibutuhkan cara yang luar biasa untuk mengatasi kesulitan ini.

Kini, pemilihan konvensional telah mengalami perkembangan digital seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi setelah selama bertahun-tahun diterapkan dengan tetap memastikan bahwa asas-asas pemilu yang demokratis telah terpenuhi. Hingga pada akhirnya muncul suatu ide mengenai sistem e-voting yang diharapkan mampu mengakomodasi seluruh asas-asas pemilu secara efektif. Salah satu platform di Indonesia yang dapat memberikan kemudahan dan keunggulan dalam melaksanakan pemilihan pengurus untuk bertransisi ke era digital adalah platform Online Election dari DukungCalonmu. 

Sekarang, kita dapat bersantai bahkan sambil rebahan untuk melakukan pemilihan pengurus, tanpa harus datang ke tempat pemilihan pengurus! Tapi, kenapa sih harus Online Election dari DukungCalonmu? 

Kenapa Harus Online Election dari DukungCalonmu 

Online Election merupakan salah satu produk dari DukungCalonmmu yang memberikan kemudahan untuk pemilihan pengurus di masa modern ini. Fitur-fitur Online Election:

  1. Personalized website domain
  2. Desain website sesuai keinginan 
  3. Kirim email ke pemilih 
  4. Jaminan keamanan 256-Bit SL Encryption
  5. Kemudahan pendataan daftar pemilih
  6. Hasil cepat dan akurat
  7. Memilih kapanpun dimanapun pemilih dapat melakukan verifikasi pemilih terdaftar

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, dipastikan pemilih dapat mengenal profil singkat calon dengan mudah karena dengan sekali click, muncul berbagai macam informasi dari masing-masing calon. Selain itu, pemilih dapat melakukan proses memilih dimanapun dan kapanpun, tidak perlu lagi meluangkan waktu satu atau beberapa hari untuk datang ke tempat pemilihan pengurus dan mengeluarkan biaya ongkos yang tentunya tidak murah. Bagi panitia pemilihan, tidak perlu lagi khawatir tingkat partisipasi akan rendah, karena dengan adanya keuntungan dari fitur ini dapat meningkatkan partisipasi yang tinggi. Panitia pemilihan juga dimudahkan dalam menghitung suara, tidak perlu menghitung suara secara manual, yakni dengan membuka kertas suara satu per satu dan melakukan pencatatan yang cukup membuang waktu, sebab terdapat sistem yang bekerja untuk menghitung hasil perolehan suara. Bagi keduanya, antara pemilih dan panitia pemilihan pengurus, tidak akan membahayakan kesehatan diri karena saat ini pandemi masih berlangsung. 

Tetap Menjaga Asas Pemilihan

Perlu diingat pula, kedepannya teknologi dan digitalisasi semakin berkembang, dan kita akan meninggalkan cara-cara pemilihan yang konvensional. Meskipun begitu, asas-asas pemilihan harus tetap dapat diakomodasi. Langsung, pemilih memilih pilihannya dengan sarana yang luar biasa, yakni menyentuh layar sentuh, tanpa harus mencoblos kertas suara. Umum, seluruh anggota organisasi dapat memilih tanpa diskriminasi terhadap ras, jenis kelamin, warna kulit, dan lain-lain. Bebas, pemilih dapat memilih tanpa adanya tekanan, paksaan, dan adanya jaminan keamanan dari sistem. Rahasia, dengan jaminan sistem yang sangat canggih, diharapkan dapat lebih menunjang pemilih untuk merahasiakan pilihannya. Jujur, dengan menggunakan sistem suara yang sekali masuk, maka tidak akan timbul kecurangan-kecurangan sebagaimana yang sering terjadi pada pemilihan konvensional dan hasil perolehan suara dapat dilihat secara real time. Adil, pada pemilihan konvensional dibutuhkan kartu pemilih, namun sekarang tidak lagi dibutuhkan kartu pemilih, tetapi cukup menggunakan Voters ID dan Voters Key oleh pemilih. 

Jadi, pemilihan pengurus kamu akan pakai cara yang konvensional atau modern nih? Kalau aku sih yang modern, apalagi di masa era digital semakin berkembang dan pandemi yang tidak kunjung usai ini, tentunya kita membutuhkan platform yang memudahkan dan memberikan kenyamanan!

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *