Jenis – Jenis Kampanye Menurut Ahli

Apa yang dilakukan seorang calon pemimpin untuk meyakinkan warga atau anggota untuk memilihnya? Ya, jawabannya adalah kampanye. Kampanye merupakan sebuah bentuk kegiatan dimana seorang calon pemimpin menjual kelebihan dan kebijakan yang akan ia lakukan jika menjabat nanti. Hal ini dilakukan demi meyakinkan para pemilih bahwa dirinya merupakan seseorang yang tepat untuk dipilih.

Banyak dari calon pemimpin khususnya pemimpin organisasi – organisasi kecil belum mengerti apa yang dimaksud dengan kampanye, jenis – jenis kampanye, dan teknik dalam melakukan kampanye. Kata “kampanye” mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Mungkin kita sering mendengar tentang istilah black campaign atau white campaign pada masa – masa pemilihan. Terlebih di masa sekarang, di mana banyak dilakukan pemilihan ketua organisasi, kampanye dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara digital dan konvensional. Cara ini membuat kampanye lebih mudah dan menjangkau lebih luas lagi. Namun bagaimana istilah kampanye menurut ahli? Apa saja jenis – jenis kampanye yang dapat dilakukan? Dan bagaimana teknik untuk melaksanakannya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Kampanye

Menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 2008 tentang pemilihan umum DPR, DPD, DPRD, kampanye adalah kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program peserta pemilu.

Menurut Ruslan (2007), kampanye dapat diartikan sebagai pemanfaatan berbagai metode komunikasi yang berbeda secara terkoordinasi dalam periode waktu tertentu yang ditujukan untuk mengarahkan khalayak pada masalah tertentu berikut pemecahannya.

Jenis – jenis kampanye

Berdasarkan orientasinya terdapat tiga jenis kampanye, yaitu:

  1. Product Oriented Campaign. Kegiatan kampanye ini berorientasi pada produk dan bertujuan komersial. Aktivitas kampanye yang dilakukan biasanya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial sebagai salah satu cara membangun citra yang baik bagi suatu perusahaan.
  2. Candidate-Oriented Campaign. Biasa disebut dengan kampanye politik. Lebih mengacu pada kampanye yang berorientasi utama seorang kandidat demi kepentingan politik. Dengan dilatarbelakangi sebuah tujuan yaitu memperoleh dukungan dalam melaksanakan suatu kegiatan politik.
  3. Ideological or Cause Oriented Campaign. Kampanye yang mempunyai orientasi tujuan yang bersifat khusus. Kampanye ini memiliki tujuan yang jelas dan spesifik akan adanya perubahan berdimensi sosial yang secara langsung maupun tidak langsung melibatkan lapisan masyarakat. Kegiatan kampanye biasanya dilakukan oleh lembaga-lembaga sosial non-profitable.

Teknik Kampanye

Menurut Ruslan (2007), terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk melaksanakan sebuah kegiatan kampanye, yaitu:

  1. Partisipasi, yaitu teknik yang mengikutsertakan audien agar memberi perhatian lebih ke dalam suatu kegiatan.
  2. Asosiasi, mengaitkan kampanye dengan suatu peristiwa atau fenomena yang sedang menjadi sorotan atau sedang terjadi pada waktu sekarang.
  3. Integratif, menggunakan kata-kata kita, kami, anda sekalian dengan tujuan menyatukan kepentingan semua pihak.
  4. Teknik ganjaran, baik itu manfaat (reward) maupun ancaman (threat).
  5. Teknik penataan patung es, menggunakan penggambaran yang indah, enak dilihat, dibaca, dan didengar.
  6. Empati, menempatkan diri pada suatu posisi/peristiwa.
  7. Koersi, melibatkan unsur paksaan sehingga dapat menimbulkan kekhawatiran tertentu apabila tidak dilakukan.

Baca Juga : Kenapa Kepala Daerah Korupsi?

Kesimpulan

Semua para calon pemimpin yang ikut dalam pemilihan pastinya akan melakukan kampanye demi mensukseskan dirinya dalam pemilihan. Kampanye sendiri merupakan bagian dari pesta demokrasi yang ada di dunia, apapun jenis kampanye yang Anda pilih semoga dapat mensukseskan diri anda dalam pemilihan. Selanjutnya jika kampanye telah mensukseskan diri anda, apakah Anda akan mensukseskan para anggota yang memilih Anda dengan melakukan apa yang Anda sampaikan saat kampanye?

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *