Aplikasi E-voting/Pemilihan Online yang Dapat Anda Gunakan Saat Pemilihan Raya Organisasi Anda

Banyak dari organisasi yang butuh aplikasi e-voting atau aplikasi pemilihan online untuk melaksanakan pemilihan raya. Pemilihan raya sendiri merupakan sebuah pesta demokrasi yang rutin dilakukan oleh organisasi – organisasi, biasanya dilakukan untuk pergantian masa jabatan atau pemilihan ketua baru.

Mungkin banyak dari anda yang sudah mengenal dan pernah munggunakan G-form, platform bentukan google ini memang banyak sekali yang menggunakan sebagai alat poling, sebagai alat penyebar kuisioner, atau bahkan juga digunakan sebagai alat untuk melakukan pemilihan ketua organisasi. Tetapi tahukah anda bahwa aplikasi e-voting atau pemilihan online yang dapat anda gunakan tidak hanya G-form sajaloh. Ada apa sajakah itu?

1. Straw

Aplikasi pertama yang dapat anda gunakan sebagai alat voting adalah straw, straw merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna android. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat disambungkan dengan social media yang anda miliki.

2. Poll Everywhere

Anda butuh aplikasi e-voting atau pemilihan online yang sekaligus dapat dihubungkan saat anda melakukan presentasi? Maka poll everywhere menjadi jawabannya. Aplikasi yang berasal dari US ini juga merupakan aplikasi yang mudah digunakan loh.

3. Global Test Marketing

Global Test Marketing merupakan salah satu aplikasi e-voting dan aplikasi pemilian online yang dapat anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini sering digunakan dalam lingkup perusahaan untuk melakukan survey.

4. Pollpop

Tidak hanya bisa digunakan pada smartphone berbasis android, aplikasi pemilihan online atau e-voting pollpop juga dapat digunakan pada smartphone berbasis IOS. Keunggulan dari aplikasi ini adalah anda dapat memberikan komentar ataupun tanggapan terhadap polling yang dilakukan pengguna lain. Selain itu aplikasi ini juga dapat memberikan data jenis kelamin, lokasi maupun kelompok umur peserta e-voting atau aplikasi pemilihan online.

5. Wishbone

Aplikasi e – voting lainnya yang dapat anda gunakan adalah, wishbone. Wishbone memiliki keunggulan dapat mengklasifasikan polling bedasarkan selera organisasi atau komintas anda.

6. Voliz

Kamu memiliki group organisasi atau komunitas pada aplikasi whatsapp? Mungkin kamu dapat mencoba aplikasi voliz. Aplikasi voliz merupakan aplikasi e-voting yang dapat anda gunakan dalam aplikasi whatsapp. Terdapat dua cara untuk anda membagikan voting tersebut, yang pertama dengan membagikannya pada kontak grup atau yang kedua menyebarkannya melalui broadcast list.

7. Online election

Mungkin aplikasi pemilihan online atau e-voting gratis diatas masih belum sesuai dengan keinginan anda, maka anda harus mencoba platform yang satu ini, online election. Platform yang dimiliki oleh start up digital politik pertama di Indonesia Dukungcalonmu ini memiliki berbagai macam fitur menarik diantaranya adalah, jaminan keamanan hingga 256bit encryption, alamat domain sesuai dengan nama organisasi, dan desain website sesuai dengan selera. Sangat direkomendasikan nih bagi anda yang memiliki organsasi atau komunitas resmi.

Kesimpulan

Aplikasi e-voting atau pemilihan online memang sangat berguna, apalagi bagi organisasi yang harus meregenerasi kepengurusan ditengah pandemi. Macam – macam aplikasi e-voting atau aplikasi pemilihan online sudah disebutkan diatas sebagai rekomendasi untuk anda, sekarang pilihan ada ditangan anda.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *