5 Keunggulan E-Voting dibanding Pemilihan Konvensional

Sudah banyak organisasi yang menggunakan sistem E-Voting atau Electronic Voting dalam pemilihan pimpinan organisasinya. E-Voting ini menjadi tren yang marak digunakan mengingat metode ini mampu memangkas biaya dan mempermudah sistem Pemilihan. 

Bahkan E-Voting ini digunakan dalam pemilihan yang jauh lebih luas seperti pemilihan tingkat kota di Kanada, dan juga Pemilihan Umum yang diselenggarakan oleh Estonia. Pemilihan Umum menjadi tersimpilifikasi dan juga mampu menarik para pemilih kendati jaraknya berjauhan.

Lalu apa saja sih  keunggulan E-Voting dibandingkan dengan Pemilihan Konvensional ? Berikut 5 Keunggulan E-Voting dibandingkan pemilihan Konvensional

1. Ramah Lingkungan

E-Voting berbeda dengan pemilihan konvensional yang sangat bergantung pada kertas pemilihan. Sehingga secara tidak langsung kita mampu berkontribusi dalam penyelamatan bumi dengan menghemat penggunaan kertas.

2. Kemudahan memberikan suara

Dalam pemilihan secara konvensional tidak jarang kita menemui berbagai cara pemilihan yang tidak mudah. Kekhawatiran pun timbul saat ada rasa takut melakukan kesalahan dalam mencoblos atau mencontreng kandidat yang dipilih. Melalui E-Voting hal tersebut bisa diatasi mengingat tampilan dari E-Voting yang lebih ramah pengguna, dan pemilih pun cukup dengan menyentuh kandidat pilihannya saja.

3. Penghitungan suara lebih cepat

Sobat DC mungkin pernah merasakan lamanya menunggu hasil dari pemilihan yang telah dilakukan baik di tingkat organisasi sekolah maupun luar sekolah. Hal ini tidak akan terjadi lagi apabila sobat DC menggunakan E-Voting dalam pemilihannya, karena pilihan saat pemungutan suara akan langsung masuk ke dalam hasil pemilihan secara tepat dan akurat.

4. Alur Komunikasi yang Simple

Dalam pemilihan konvensional, semakin luas jangkauan yang dimiliki maka akan semakin sulit pula alur komunikasi untuk mengumpulkan data-data suara menjadi satu. Akan tetapi melalui E-Voting, alur komunikasi tersebut bisa berjalan secara cepat dan lancar melalui sistem yang terintegrasi antara pusat  hingga  TPS.

5. Penayangan hasil bisa lebih Transparan

Hasil yang diperoleh melalui E-Voting bisa ditampilkan melalui website, hal ini bisa menambah kepercayaan publik mengingat proses penghitungan ditampilkan secara terbuka. Penayangan sendiri bisa disesuaikan dengan aturan yang berlaku dimasing-masing organisasi.

E-Voting memang memiliki sejumlah keunggulan yang luar biasa dibandingkan pemilihan secara konvensional. Akan tetapi seringkali metode pemilihan ini dihadapkan pada masalah kejahatan digital berupa pencurian data privasi.

Baca juga: Cara Kampanye Politik Unik di Indonesia

Tenang! Jangan Khawatir,  karena DukungCalonmu.com bisa memfasilitasi kamu mengadakan online election  untuk pemilihan pimpinan organisasi kamu. Kamu tidak perlu khawatir data kamu dicuri, karena sistem keamanan data di DukungCalonmu.com sudah terjamin kemanannya dengan 256-bit encryption.

Yuk, daftarkan pemilihan organisasi kamu di DukungCalonmu.com untuk bisa menjalankan online eclection lebih baik. Yuk kita bareng-bareng mewujudkan budaya politik baru di Indonesia yakni budaya digitalisasi politik.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *