Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda

Apa yang pertama kali terlintas dipikiran Anda ketika mendengar kata “Politik” ? Apakah itu perihal kenegaraan dan tata kelola pemerintahan ? mungkin saja anggota legislatif ? atau mengarah ke koruptor dan penyalahgunaan kekuasaan ?. Sebenarnya dalam cakupan politik itu memiliki ranah yang amat sangat luas. Tidak hanya seputar negara dan pemerintahan saja, namun juga melibatkan banyak sekali bagian seperti keorganisasian, gerakan sosial, marketing politik, kepemimpinan, kebijakan/aturan, dan lain-lain. Bahkan, politik dianggap sebagai studi yang dinamis dan dapat menyesuaikan dengan studi-studi lainnya. 

Politik memiliki makna yang sangat luas. Bisa diartikan sebagai makna yang positif maupun dengan makna yang negatif, itu semua tergantung dari bagaimana pandangan orang lain menilai makna dari politik. Namun, secara etimologi kata “Politik” berasal dari bahasa Yunani, yakni Polis, yang dapat berarti kota atau negara kota. Dari kata polis ini kemudian diturunkan pada kata-kata seperti polites yang berarti warga negara; politicos (nama sifat) yang berarti kewarganegaraan, politike techne yang berarti kemahiran politik dan politike episteme yang berarti Ilmu Politik. 

Jauh lebih dalam lagi, politik juga dipandang sebagai bentuk upaya untuk menciptakan kesejahteraan bagi rakyat. Hal ini pun menunjukkan bahwa politik memiliki peranan inti untuk menciptakan kondisi yang sejahtera bagi warga negara. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda guna untuk meningkatkan kesadaran dan peranan anak muda untuk menjadi penerus yang akan menjadi penggerak bagi kemajuan berbangsa dan bernegara. 


Bagi generasi muda, pendidikan politik menjadi sangat penting dikarenakan generasi muda memiliki peranan yang sangat besar untuk memberikan partisipasi politik yang tinggi. Bisa saja dengan ikut terlibat dalam setiap pemilihan umum, aktif berorganisasi sekaligus mengartikulasikan kepentingan masyarakat, dapat memberikan penilaian secara kritis mengenai dinamika perpolitikkan yang tengah terjadi. 

Selanjutnya untuk tujuan pendidikan politik bagi generasi muda dituangkan dalam Inpres No. 12 Tahun 1982 tentang Pendidikan Politik bagi Generasi Muda yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang sadar akan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai salah satu usaha untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. “

Pentingnya pendidikan politik memiliki tujuan akhir untuk menciptakan partisipasi politik yang tinggi dan yang paling utama adalah partisipasi yang berkualitas. Sebenarnya ada banyak cara untuk memberikan pendidikan politik bagi generasi muda, diantaranya :

  1. Bahan bacaan seperti surat kabar, majalah, dan lain-lain bentuk publikasi massa yang biasa membentuk pendapat umum.
  2. Siaran radio dan televisi serta film (audio visual media).
  3. Keorganisasian/Komunitas/Lembaga, dan juga lembaga pendidikan formal ataupun informal.

Namun, dalam implementasi pendidikan politik saat sekarang memiliki permasalahan. Politik sudah menjadi barang yang sudah lama dan jarang sekali dipelajari lebih dalam dikarenakan susah untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Padahal, politik memiliki urgensi tersendiri bagi generasi muda untuk mengetahui peranan mereka sebagai penentu kesejahteraan bangsa. 

Seiring dengan permasalahan tersebut, DukungCalonmu.com yang merupakan sebuah platform pertama politik di Indonesia memiliki cita-cita untuk meningkatkan partisipasi politik sekaligus menciptakan budaya politik baru yang tentunya lebih baik lagi dengan metode digitalisasi politik. Sebagai satu-satunya platform politik di Indonesia saat ini, DukungCalonmu.com mencoba untuk memberikan solusi atas semua urusan dan permasalahan politik kearah digital yang tentunya kekinian seperti pemilihan umum dan kampanye politik. 


Seiring dari solusi tersebut, DukungCalonmu.com juga menjadi penggerak adanya pendidikan politik bagi semua Lembaga/Organisasi/Komunitas untuk beralih ke digitalisasi politik. 

Baca juga: Solusi Kampanye Politik Tepat Sasaran

Kesimpulan

Sampai saat ini, pendidikan politik memang menjadi suatu permasalahan tersendiri yang dihadapi bagi generasi muda. Generasi muda berperan sangat penting dalam urusan politik terlebih sebagai kluster pemilih muda dan pemilih pemula dalam menentukan keberlangsungan demokrasi dan pemerintahan. Sudah seharusnya generasi muda dibekali dengan pendidikan politik yang dapat masuk melalui berbagai platform online agar benar-benar menyentuh anak muda dan mengurangi adanya potensi apatis terhadap politik di kalangan generasi muda.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *