Waspada Erupsi! Ini Langkah yang Harus Dilakukan untuk Penyelamatan Diri

Indonesia memiliki cukup banyak gunung berapi yang hingga saat ini masih aktif, dari 127 gunung api terdapat 69 diantaranya yang berstatus aktif, hal ini di pantau oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi). Penduduk indonesia sebagian besar tinggal di daerah yang bahaya akan bencana erupsi gunung berapi. Penduduk yang tinggal di daerah gunung api aktif memiliki ancaman yang berbahaya. Dari banyaknya gunung api, terdapat karakteristik tersendiri dilihat dari jenis lahar nya. Adanya letusan gunung api tetap membawa bencana bagi kehidupan. Bahaya letusan gunung api memiliki resiko berbahaya, merusak dan mematikan. Oleh karna itu, diperlukannya langkah penyelamatan diri untuk meningkatkan kewaspadaan, mencegah adanya banyak korban serta dapat menyelamatkan diri dengam sigap. 

Mengingat banyaknya gunung api yang ada di wilayah Indonesia serta padatnya penduduk disekitarnya. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan gunungapi dapat meletus diantaranya yaitu, volume magma yang sudah penuh, adanya longsoran dari dapur magma yang menyebabkan pengkristalan magma dan diatas dapur magma.

Mitigasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi bencana bagi masyarakat pada kawasan rawan bencana. Mitigasi pada bencana gunungapi seperti tindakan untuk mengurangi dampak bencana yang disebabkan oleh erupsi gunung api. Terdapat beberapa langkah mitigasi bencana yang perlu dilakukan saat terjadinya erupsi menurut Badan Nasional Penanggulan Bencana dalam Buku Saku (Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana):

Sebelum Terjadi Letusan Gunung Berapi

Penduduk yang tinggal di daerah pegunungan pasti memiliki tingkat kewaspadaan. Penduduk wajib mengetahui jalur evakuasi dan shelter serta perhatikan arahan dari lembaga resmi. Menyiapkan kebutuhan logistik seperti makanan siap saji, uang tunai, lampu senter dan baterai tambahan. Tindakan lain yang perlu dilakukan adalah pemantauan gunungapi dan menyusun rencana keadaan darurat. Adapun pada saat fase kritis maka sudah harus dilakukan tindakan operasional berupa pemberian peringatan dini, meningkatkan komunikasi dan prosedur pemberian informasi, menyusun rencana tanggap darurat yang berupa penerapan dari tindakan rencana keadaan darurat dan sesegera mungkin mendefinisikan perkiraan akhir dari fase kritis.

Ketika Terjadi Letusan Gunung Berapi

Menghindari daerah yang rawan seperti lereng gunung, lembah dan daerah aliran lahar. Penduduk yang berada di zona berbahaya, dihimbau untuk menjauhi daerah aliran lahar untuk jauh dari ancaman banjir lahar yang terjadi. Banjir lahar tersebut memiliki material vulkanik yang tercampur oleh air dan kemudian melewati sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

Untuk melindungi tubuh diperlukannya menggunakan pakaian yang panjang seperti celana panjang, baju lengan panjang serta topi atau kupluk serta menggunakan masker. Penggunaan pakaian tertutup agar tubuh terhindar dari abu vulkanik yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan menggunakan masker dilakukan agar tidak terhirup abu dari hasil letusan gunung. Abu vulkanik gunung berapi memiliki partikel yang kecil yang dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan.

Hindari tempat yang terbuka, hal ini perlu dilakukan saat terjadinya letusan gunung api, karena selama gunung berapi masih meletus akan terus berlanjut hingga beberapa saat. Kembali ke pemukiman rumah jika keadaan dikatakan sudah aman.

Setelah Terjadi Letusan Gunung Berapi

Penanggulangan bencana gunungapi akan berhasil dan terarah dengan baik apabila dilakukan secara terpadu. Jauhi wilayah yang terkena hujan abu dan bersihkan tempat dari timbunan abu. Hindari berkendara didaerah yang terkena hujan abu, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan sepertimesin motor, rem, transmisi hingga meminu adanya api. Selalu pantau sumber informasi tentang perkembangan erupsi, seperti melalui radio, tv, berita elektronik dan media sosial.

Tentang DukungCalonmu

Kalian udah tau tentang DukungCalonmu belum? DukungCalonmu merupakan start up pertama dan satu-satunya di Indonesia yang membahas mengenai hal politik. DukungCalonmu hadir untuk menciptakan budaya politik baru di Indonesia yang saat ini sedang tidak baik-baik saja keadaannya. Hadir dengan beberapa platform seperti Online Election, Kampanye Digital, DC Creative Agency, serta Tim Legal. DukungCalonmu menjadi platform yang sangat pas dalam upaya menumbuhkan partisipasi politik masyarakat di Indonesia. Bersama DukungCalonmu, mari bersama ciptakan budaya politik baru di Indonesia berbasis digitalisasi.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *