MENJELANG NATAL DAN TAHUN BARU TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Sudah menginjak bulan Desember dan beberapa hari lagi sudah menjelang libur Natal maupun Tahun baru. Wacana PPKM level 3 dibatalkan, yang mana tempat wisata dibuka tetapi dengan pembatasan.

Berkaca pada pengalaman Natal dan Tahun Baru sebelumnya, mobilitas masyarakat berpotensi melonjak, baik untuk kegiatan hari raya keagamaan, keluarga, maupun wisata. Itu membuka peluang bagi peningkatan laju penularan Covid-19 di masyarakat. Ketika berwisata di wajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Masyarakat juga diimMasyarakat juga diimbau untuk merayakan akhir tahun dengan cara yang lebih aman di tengah pandemi, misalnya dengan menghindari keramaian pada saat menghadiri perayaan menyambut Tahun Baru 2022. Oleh karena itu, ketika ingin berwisata masyarakat di himbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti dibawah ini:

MEMAKAI MASKER

Himbauan agar semua orang (baik yang sehat atau sakit) selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya. Hal ini merupakan salah satu adaptasi kebiasaan baru di era pandemi COVID-19. Terkait penggunaan masker di dalam rumah perlu dilakukan ketika terdapat anggota keluarga yang terinfeksi dan merasa mengalami gejala COVID-19.

MENCUCI TANGAN

Rutin mencuci tangan hingga bersih adalah salah satu adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona. Untuk hasil yang maksimal, biasakan mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Anda disarankan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel.

MENJAGA JARAK

Protokol kesehatan lainnya yang perlu dipatuhi adalah menjaga jarak. Anda harus menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Bila tidak memungkinkan melakukan jaga jarak, maka dapat dilakukan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya. Rekayasa administrasi dapat berupa pembatasan jumlah orang, pengaturan jadwal, dan sebagainya. Sedangkan rekayasa teknis, antara lain dapat berupa pembuatan partisi, pengaturan jalur masuk dan keluar, dan sebagainya.

MENJAUHI KERUMUNAN

Selain tigSelain tiga hal di atas, menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang juga harus dilakukan. Masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah dan menghindari tempat keramaian terutama bila sedang sakit atau berusia di atas 60 tahun (lansia). Hal ini didasarkan karena semakin banyak dan seringnya kita bertemu orang, kemungkinan terinfeksi corona bisa semakin tinggi apalagi menurut riset lansia dan pengidap penyakit kronis memiliki risiko yang lebih tinggi terserang virus corona tersebut.

MENGURANGI MOBILITAS

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, usahakan untuk tetap berada di rumah. Meski kita sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu ketika kita pulang ke rumah nanti masih dengan keadaan yang sama. Pasalnya, virus corona ini dapat menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat. Jadi, semakin banyak kita menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula resiko kita terpapar virus jahat ini.

VAKSINASI

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Namun meski telah mendapatkan vaksinasi lengkap, bukan berarti tubuh telah sepenuhnya kebal dari infeksi virus Corona. Sehingga, kita tetap harus mematuhi segala protokol kesehatan yang diberikan.

Itulah beberapa cara untuk tetap melakukan protokol kesehatan serta mencegah penularan COVID-19.

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan start up digital politik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Kami hadir dengan tujuan untuk menciptakan budaya politik baru di Indonesia. Kami memiliki dua platform yang dapat memecahkan permasalahan politik di Indonesia yaitu Online Election dan Platform Kampanye Digital. Bersama DukungCalonmu mari kita ciptakan budaya politik baru bagi Indonesia yang lebih baik!

Kunjungi website kami agar ketahui kami lebih lanjut www.dukungalonmu.com

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *