Stop Golput! Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakan Hak Pilih!

Indonesia merupakan sebuah negara Demokrasi yang sangat mengutamakan adanya partisipasi masyarakat dalam jalannya pemerintahan. Dan seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia menyelenggarakan pemilu setiap 5 tahun sekali. Sebagai negara Demokrasi, Indonesia memberikan hak yang sama bagi seluruh masyarakat nya untuk ikut andil dalam memilih siapa saja yang berhak untuk menjalani pemerintahan dengan ketentuan sesuai pada kualifikasi dan memiliki kualitas yang baik. 

Namun, Beberapa dari masyarakat masih merasa kurang peduli dan kurang kesadarannya pada pentingnya pemilihan kandidat pemerintahan. Sehingga, Sering kali tidak memahami bagaimana jalannya pemerintahan bahkan tidak mengenali siapa saja yang sedang menjabat. Tentunya hal ini perlu diperbaiki melihat keberhasilan dari suatu negara juga dimulai dari kerjasama dan rasa suportif antara masyarakat dengan pemerintah. 

Untuk itu, Berikut merupakan beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan hak pilih 

Indonesia Sebagai Negara Demokrasi 

Sebagai Negara Demokrasi, Masyarakat Indonesia tentunya perlu menunjukkan eksistensi dan perannya dalam jalannya pemerintahan. Demokrasi juga diartikan sebagai sistem pemerintahan yang seluruh jalannya ditentukan dan diselenggrakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Oleh karena itu, dengan mengikuti dan menggunakan hak suara dalam pemilihan umum, masyarakat sudah ikut berpartisipasi dalam demokrasi di Indonesia

Pemilu Hanya Dilaksanakan 5 Tahun Sekali

Mengikuti peraturan pemerintah yang ada di Indonesia bahwa masa jabatan setiap pemerintahan yaitu selama 5 tahun. Oleh karena itu, setiap 5 tahun sekali Indonesia menyelenggarakan pemilu untuk memilih kandidat baru yang akan menempati pemerintahan yang diantara yaitu  Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Hal ini tentunya akan berdampak besar bagi jalannya pemerintahan kedepannya dengan kebijakan – kebijakan yang ditentukan selama 5 tahun kedepan. Sehingga, apabila tidak menggunakan hak pilih, kita dapat melewatkan kesempatan untuk memilih dan mendukung pemimpin yang sesuai dengan keinginan kita. 

Dana Pemilu Menggunakan Pajak Masyarakat 

Masyarakat tentunya sudah tahu bahwa setiap penyelenggaraan pemilu pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, beberapa dari masyarakat masih belum tahu dari mana asal dana yang digunakan untuk penyelenggaraan pemilu. Salah satu dana yang mendukung pelaksanaan pemilu yaitu pajak. Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat memiliki manfaat yang cukup besar untuk pemilu. Sehingga apabila kita tidak menggunakan hak pilih kita dalam pemilu, kita tidak dapat merasakan salah satu dari manfaat pajak yang kita keluarkan. 

Hak Suaramu Bukti Partisipasi Politik 

Selain sebagai negara demokrasi, adanya pemilihan umum merupakan salah satu sarana untuk masyarakat menunjukkan perannya dalam partisipasi politik. Dengan berpartisipasi dalam politik, masyarakat dapat ikut berperan dalam kemajuan dan keberhasilan bangsa Indonesia. Selain itu, masyarakat dapat lebih mempelajari dan memahami bagaimana sistem politik di Indonesia. Sehingga, masyarakat sangat diwajibkan untuk mengikuti dan menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum. 

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan start up digital politik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Kami hadir untuk membantu mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. Kami memiliki dua platform yang dapat memecahkan permasalahan politik di Indonesia yaitu Online Election dan Platform Kampanye Digital yang akan memudahkan setiap organisasi/komunitas selama pemilihan. Bersama DukungCalonmu mari kita ciptakan budaya politik baru bagi Indonesia yang lebih baik!

Kunjungi website kami agar ketahui kami lebih lanjut www.dukungalonmu.com

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *