BAHAYA NARKOTIKA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Melihat berbagai kasus yang kerap terjadi baik dari segi kalangan artis muda yang dialami oleh RN dan sederet artis lainnya, kasus narkotika menjadi persoalan yang genting baik dikalangan usia tua maupun usia muda. Pengertian dari Narkotika sendiri merupakan suatu zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Pengertian lain terkait dengan Narkotika terdaftar pada UU Narkotika pasal 1 ayat 1 yang menjelaskan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Setelah mengetahui ap aitu Narkotika, perlu untuk kita ketahui terkait dengan bahayanya dalam mengonsumsi narkotika baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu yang Panjang.

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini bahaya atau dampak mengonsumsi narkoba bagi kesehatan:

 1. Dehidrasi 

Penggunaan narkotika yang  berlebihan dapat mengakibatkan keseimbangan kandungan elektrolit berkurang yang mana akan memperngaruhi dalam kekurangan cairan atau dehidrasi. Mengkonsumsi narkoba secara terus menerus dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif dan rasa sesak bagian dada. Dalam jangka panjang, dehidrasi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak. 

2. Halusinasi 

Halusinasi merupakan efek yang sering kali dialami oleh pengguna narkoba terutama dalam penggunaan ganja. Dalam mengkonsumsi ganja dalam skala yang besar dapat mengakibatkan rasa mual, muntah, rasa takut, serta gangguan kecemasan. Dan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang Panjang, Ganja dapat menyebabkan gangguan mental, depresi dan kecemasan yang berlarut. 

3. Menurunkan tingkat kesadaran 

Dampak pemakaian narkoba dengan dosis yang berlebih akan membuat tubuh terlalu rileks hingga kesadaran menjadi berkurang. Bahkan pemakaia narkoba bisa tidur terus menerus dan tidak bangun dalam jangka waktu tertentu. Risiko kehilangan kesadaran tersebut membuat kondisi tubuh terganggu, sering bingun dan perubahan perilaku bagi pengguna. Serta dampak yang cukup parah adalah hilangnya ingatan disertai sulitnya mengenai lingkungan sekitar. 

4. Buruknya kualitas hidup 

Tidak hanya bagi tubuh, narkoba juga berdampak bagi kualitas hidup seseorang. Contohnya, pengguna narkoba akan kesulitan berkonsentrasi saat bekerja, terjerat masalah keuangan, bahkan ditangkap pihak kepolisian karena terbukti melanggar hukum. Kualitas hidup juga terganggu dengan hilangnya relasi, keluarga menjadi kacau, kesehatan memburuk dan memicu kematian. 

5. Kematian

 Dampak terburuk bagi pengguna narkoba adalah kematian. efek obat-obatan ini dapat terjadi bagi pengguna yang mengonsumsi dosis terlalu tinggi hingga menyebabkan overdosis. Narkoba seperti sabu-sabu, opium dan kokain dapat menyebabkan tubuh menjadi kejang-kejang. Jika kondisi tersebut berlangsung secara lama dan terus-menerus dapat menyebabkan kematian. 

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan start up digital politik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Kami hadir dengan tujuan untuk menciptakan budaya politik baru di Indonesia. Kami memiliki dua platform yang dapat memecahkan permasalahan politik di Indonesia yaitu Online Election dan Platform Kampanye Digital. Bersama DukungCalonmu mari kita ciptakan budaya politik baru bagi Indonesia yang lebih baik!

Kunjungi website kami agar ketahui kami lebih lanjut www.dukungalonmu.com

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *