TIPS AMPUH TIKTOK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Saat ini TikTok merupakan platform aplikasi sosial media yang paling populer di semua kalangan masyarakat baik muda maupun tua. Tanpa memandang usia, mereka bebas berekspresi dan bebas melakukan apa saja dengan kreativitas yang dimiliki tanpa merugikan orang lain dan melakukan plagiarism. Kepopuleran penggunaan TikTok di seluruh dunia terbukti dengan banyaknya pengguna pada tahun 2021 sebanyak 1 miliar orang menurut Business of Apps.

Dengan kepopulerannya tersebut memancing para pelaku bisnis untuk memanfaatkan TikTok sebagai alat dalam meningkatkan brand awareness produk yang mereka miliki dan meningkatkan penjualan. TikTok dirasa sangat efektif sebagai alat marketing yang tepat dengan fitur-fitur yang ditawarkan dan mudah digunakan apabila dikelola dengan baik . Maka itu, perlu adanya penerapan strategi marketing yang tepat guna menarik minat pelanggan.

Berikut merupakan 5 tips strategi marketing yang dapat Anda terapkan dalam produk bisnis menggunakan platform TikTok.

Ikuti Trend Terkini

Strategi pemasaran pertama yang dapat Anda lakukan yaitu Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu trend TikTok yang sedang populer kala itu. Dalam hal ini, Anda harus melakukan analisis pada setiap konten video yang dibuat oleh publik, guna mengetahui konten video seperti apa yang dapat menarik pelanggan serta diminati untuk ditonton. Namun konten video tersebut juga harus Anda sesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Tahap ini tidak bisa dilakukan hanya sekali saja, karena trend TikTok dapat berubah dengan cepat seiring berjalannya waktu. Sehingga Anda harus terus memantau perkembangan trend yang sedang terjadi agar promosi produk atau jasa Anda tepat sasaran.

Gunakan Hastag Yang Relevan

Pastikan Anda menggunakan hastag yang relevan dengan video yang akan di posting. Penggunaan hastag ini pada dasarnya tidak hanya dilakukan pada strategi pemasaran melalui TikTok saja, melainkan juga sosial media lainnya seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain. 

Tujuan dari penggunaan hastag ini ialah meningkatkan followers, memperkuat jaringan konten yang Anda buat, dan mengetahui pesaing lainnya yang menawarkan produk atau jasa serupa. Penggunaan hastag ini harus sesuai dengan konten yang Anda buat, dan jangan menggunakan hastag yang terlalu tersorot, sebab video konten yang Anda buat akan menumpuk, sehingga tidak terlihat.

Konsisten Posting Video Konten

Strategi selanjutnya yang dapat meningkatkan engagement user Anda yaitu dengan melakukan posting video secara rutin dan konsisten. Semakin banyak konten yang Anda buat, maka akan semakin banyak pula peluang video yang Anda buat akan ditemukan banyak orang. Tidak perlu banyak memposting video, namun sering setiap harinya.

Jalin Kerjasama dengan Para Influencer

Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, sebab bekerja sama dengan influencer merupakan strategi yang tepat dalam meningkatkan brand awareness dan jumlah pelanggan. Saat ini influencer memiliki pengaruh yang sangat besar pada masyarakat. Namun perlu dilihat pula berdasarkan kesesuaian antara produk atau jasa yang ditawarkan dengan influencer, agar tepat sasaran.

Manfaatkan Fitur TikTok Ads

Strategi lainnya yang dapat Anda gunakan yaitu dengan memanfaatkan penggunaan fitur TikTok Ads. Kelebihan dari fitur yaitu dapat menjangkau pelanggan lebih banyak lagi. Namun, fitur ini merupakan fitur berbayar, sehingga akan menambah sedikit pengeluaran Anda untuk dapat melakukan promosi. TikTok Ads sendiri menawarkan beberapa macam iklan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan promosi seperti in-feed native ads, hashtag challenge ads, dan brand takeover ads

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan startup digital politik pertama dan satu-satunya di Indonesia. DukungCalonmu akan mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. DukungCalonmu akan menghadirkan Budaya Politik Baru yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat melalui Digitalisasi Politik guna lahirnya pemimpin-pemimpin yang akan membawa Indonesia lebih baik. Selain itu, DukungCalonmu memiliki tiga produk andalan, di antaranya Online Election, Tim Legal, dan DC Agency. 

Bersama DukungCalonmu, mari ciptakan #BudayaPolitikBaru bagi Indonenesia yang lebih baik.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *