HINDARI KESALAHAN INI JIKA BISNIS INGIN SUKSES DI MEDIA SOSIAL

Penggunaan media sosial saat ini merupakan alternatif paling efektif dalam melakukan pemasaran dan meningkatkan brand awareness, sebab jumlah pengguna media sosial tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Berdasarkan databoks, pengguna sosial media mencapai 4,2 miliar di dunia pada Januari 2021.

Saat ini, banyak sekali bisnis yang menggunakan media sosial sebagai media dalam mempromosikan produk maupun jasanya. Selain karena mudah, keberhasilan yang diperoleh pun cukup tinggi. Namun disamping itu, beberapa pelaku bisnis secara tidak sadar telah melakukan kesalahan dalam penggunaan media sosial dalam pemasarannya, sehingga menimbulkan penerapan media sosial yang tidak efektif dan gagal.

Berikut merupakan kesalahan-kesalahan yang harus Anda hindari agar bisnis dapat berjalan sukses dengan pemasaran media sosial.

Tidak Memperhatikan Penggunaan Media Sosial Yang Paling Diminati 

Saat ini ketersediaan platform media sosial sangat bervariansi, sehingga memudahkan pelaku bisnis untuk memilih media sosial mana yang akan mereka gunakan dalam social media marketing. Namun Anda tidak bisa menggunakan semua platform tersebut secara bersamaan, sebab akan membuat bisnis Anda menjadi tidak efektif.

Dalam pemilihan penggunaan media sosial untuk pemasaran tidak sembarangan, Anda harus memperhatikan media sosial yang paling banyak diminati untuk saat ini. Dengan begitu akan lebih mudah meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berdasarkan data POPBELA.com, terdapat 10 media sosial yang paling diminati Indonesia di 2021, dengan posisi pertama dan kedua yaitu YouTube 93,8% dan WhatsApp 87,7%.

Kurang Komunikatif dengan Followers

Kesalahan yang dilakukan oleh pelaku bisnis secara tidak sadar yaitu mengabaikan pesan dari followers dan kurang komunikatif. Apabila banyak followers yang mengomentari atau hanya bertanya-tanya pada produk Anda sebaiknya tanggapi dengan sopan. Jangan pernah mengabaikan pesan dari followers, meskipun hanya bertanya-tanya, sebab dengan pertanyaan tersebutlah berati mereka tertarik dengan bisnis kita.

Jangan hanya memposting konten-konten saja, namun hal penting yang harus Anda lakukan yaitu komunikatif dengan menyapa atau sekedar memberikan ucapan “Terima Kasih”.

Terlalu Sering Upload Konten

Kesalahan selanjutnya yaitu saat Anda terlalu sering mengupload konten dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan menjengkelkan para pelanggan karena telah memenuhi laman timeline mereka.

Terlebih lagi apabila Anda memposting produk yang sama dan tidak variatif, hal tersebut akan monoton dan membuat pelanggan bosan. Sebaiknya buat jadwal post setiap waktu, selain tidak akan menyampah, ini juga akan memudahkan Anda dalam mengatur waktu post produk Anda.

Tidak Memperhatikan Data

Banyak yang menyepelekan data statistik pada media sosial. Tanpa melihat data statistik dari penggunaan media sosial Anda, maka Anda tidak akan mengetahui seberapa efektif interaksi konten yang dibuat dengan pelanggan. Dengan demikian, perlu adanya kegiatan analisis data media sosial guna mengubah strategi media sosial untuk meningkatkan hasil akhir menjadi lebih baik.

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan startup digital politik pertama dan satu-satunya di Indonesia. DukungCalonmu akan mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. DukungCalonmu akan menghadirkan Budaya Politik Baru yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat melalui Digitalisasi Politik guna lahirnya pemimpin-pemimpin yang akan membawa Indonesia lebih baik. Selain itu, DukungCalonmu memiliki tiga produk andalan, di antaranya Online Election, Tim Legal, dan DC Agency. 

Bersama DukungCalonmu, mari ciptakan #BudayaPolitikBaru bagi Indonenesia yang lebih baik.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *