Makin Ramai! Inilah Empat Partai Politik Baru yang Siap Maju di Pemilu 2024

Kurang dari 2 tahun lagi, Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi besar-besaran. Pemilihan Umum (Pemilu) akan diadakan kembali pada tahun 2024 untuk memilih anggota DPR, DPRD, DPD. Selain itu, Pemilu kali ini juga akan secara serentak akan memilih pasangan presiden dan wakil presiden. Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan waktu pelaksanaan Pemilu 2024 di tanggal 14 Februari 2024.

Nah, setelah masa reformasi, banyak sekali partai politik (Parpol) baru yang muncul dan dikenal oleh masyarakat. Di setiap Pemilu, ada saja partai baru yang bertanding dan mencoba peruntungan di bidang politik. Mereka berusaha menggaet simpati rakyat untuk memilih mereka, sehingga dapat berkuasa di pemerintahan. Beberapa ada yang berhasil dikenal masyarakat dan mendapatkan kursi di DPR, namun banyak juga yang akhirnya gagal berkuasa dan menghilang namanya.

Tidak terkecuali di Pemilu 2024 nanti. Sudah ada beberapa partai politik baru yang mendeklarasikan diri untuk maju ke dalam arena Pemilu 2024. Partai-partai baru ini tentunya telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham). DukungCalonmu telah menyiapkan daftar calon partai politik baru yang siap bertanding di Pemilu 2024. Mau tahu apa saja? Cek di bawah ini!

1.       Partai Ummat

Partai Ummat resmi berdiri pada Agustus 2021 lalu. Partai ini didirikan oleh Amien Rais. Beliau merupakan salah satu politikus senior Indonesia sekaligus mantan Ketua MPR. Hal ini tentunya cukup membuat publik kaget, karena Amien Rais selama ini merupakan salah satu figur utama di dalam partai Partai Amanat Nasional. Partai ini juga menargetkan masyarakat islam, posisi yang juga diambil oleh PAN. Menarik untuk disimak selanjutnya, apakah kehadiran Partai Ummat dapat mengikis suara PAN di tahun 2024 nanti.

2.       Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora)

Partai Gelora merupakan partai baru yang didirikan oleh mantan politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fahri Hamzah dan Anis Matta. Partai Gelora resmi dideklarasikan di tahun 2019. Perbedaan pendapat saat masih menjadi kader PKS membuat keduanya keluar dan bersama mendirikan partai baru. Menurut survei Litbang Kompas di bulan Oktober 2021, Partai Gelora merupakan partai baru yang paling dikenal masyarakat. Kehadiran Partai Gelora tentunya dapat berpeluang besar mengikis suara PKS di tahun 2024 nanti. Hal ini disebabkan karena karakteristik pemilih kedua partai yang hampir sama.

3.       Partai Kebangkitan Nasional (PKN)

Partai Kebangkitan Nasional (PKN) merupakan partai politik yang didirikan oleh para loyalis Anas Urbaningrum. Ia merupakan mantan Ketua Umum Partai Demokrat. Dirinya juga pernah ditangkap KPK karena keterlibatannya dalam kasus korupsi mega proyek Hambalang. Partai ini diketuai oleh Gede Pasek Suardika, mantan Sekretaris Jenderal Partai Hanura. Beberapa figur loyalis Anas Urbaningrum yang masuk ke dalam partai ini antara lain Mirwan Amir, Ian Zulfikar, Bobby Triadi, dan Sri Mulyono. Tentunya akan menjadi PR besar bagi PKN untuk mendongkrak raihan suara di Pemilu 2024, mengingat Anas Urbaningrum pernah menjadi tersangka kasus korupsi mega proyek Hambalang.

4.       Partai Pelita

Partai baru lainnya yang berusaha bertanding di Pemilu 2024 adalah Partai Pelita. Partai ini dibentuk oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah. Saat ini, ia terlibat di Partai Pelita sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Partai.

Itulah beberapa partai politik pendatang baru yang siap untuk bertanding di arena Pemilu 2024. Menarik untuk disimak keterlibatan mereka pada pemilihan umum. Walaupun telah memiliki izin dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham), partai politik di atas baru dapat dipastikan dapat berlaga di Pemilu 2024 setelah mendaftarkan diri ke KPU. Nantinya, KPU akan memverifikasi berkas-berkas yang dikirimkan oleh partai politik, untuk kemudian resmi ditetapkan sebagai peserta pemilu. Adapun waktu pendaftaran partai politik ke KPU dilakukan pada tanggal 1-7 Agustus 2022.

Tentang DukungCalonmu.com

DukungCalonmu merupakan startup digital politik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Kami hadir untuk membantu mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. Kami memiliki dua platform yang dapat memecahkan permasalahan politik di Indonesia yaitu Online Election dan Platform Kampanye Digital yang akan memudahkan setiap organisasi/komunitas selama pemilihan. Bersama DukungCalonmu mari kita ciptakan budaya politik baru bagi Indonesia yang lebih baik!

Kunjungi website kami agar ketahui kami lebih lanjut www.dukungcalonmu.com

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *