Aplikasi Pemilihan Online yang Dapat Kamu Manfaatkan di Tengah Pandemi Covid-19

Apakah anda salah satu panitia organisasi yang sedang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan pemilihan ketua organisasi baru? Atau pemilihan Ketua OSIS? BEM? Hima? Memang di tengah pandemi segala kegiatan yang berkaitan dengan keramaian harus ditunda hingga waktu yang masih belum dapat dipastikan. Salah satunya adalah penyelenggaraan pemilihan ketua organisasi untuk masa jabatan terbaru. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Jawabannya adalah aplikasi pemilihan online. Tanpa perlu keramaian, tanpa perlu berkumpul dan menghemat lebih besar pengeluaran menjadi solusi atas permasalahan pemilihan ketua organisasi baru. Dengan aplikasi pemilihan online para pemilih dapat memilih calon yang didukungnya dimana saja dengan hanya bermodalkan gawai pintar. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan baik bagi panitia penyelenggara ataupun bagi anggota yang memiliki hak pilih.

Pada kegiatan pemilihan konvensional, biasanya biaya yang dikeluarkan baik oleh panitia ataupun dari anggota yang memiliki hak suara cukup besar. Panitia harus mengeluarkan biaya untuk sewa lokasi, pembuatan properti seperti bilik suara, ratusan hingga ribuan kertas yang nantinya akan dibuang, biaya kebersihan, biaya konsumsi panitia dan masih banyak lagi printilan biaya lainnya. Namun tidak pada aplikasi pemilihan online.

Aplikasi pemilihan online tidak membutuhkan biaya yang disebutkan di atas. Bahkan dengan merubah cara pemilihan menjadi online, anda berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan karena tidak menggunakan kertas sama sekali. Apalagi di tengah pandemi yang sedang dunia hadapi saat ini, anda sangat disarankan untuk tidak bertemu dengan orang banyak ataupun membuat acara yang mengandung unsur keramaian.

Aplikasi Pemilihan Online Gratis

Terdapat berbagai aplikasi pemilihan daring saat ini dari yang gratis seperti google form hingga berbayar seperti DukungCalonmu.com. Namun terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara platform pemilihan online yang gratis dengan platform pemilihan online yang berbayar. Platform pemilihan online yang gratis seperti google form tidak memiliki fitur sebanyak platform pemilihan yang berbayar, selain itu potensi terjadinya kecurangan sangat besar. Mengambil contoh platform pemilihan google form, seorang pemilih dapat memilih calon pasangan dukungannya hingga berkali–kali dan sangat sulit bagi panitia dalam melakukan pengawasannya. Tentu saja ini tidak menciptakan iklim pemilihan yang sehat dan bersih.

Aplikasi Pemilihan Online Berbayar

Tetapi anda tidak perlu khawatir, saat ini terdapat aplikasi pemilihan online berbayar seperti DukungCalonmu.com. Tenang saja, meskipun berbayar anda tidak akan merasa rugi karena keuntungan yang ditawarkan setara dengan apa yang anda keluarkan. DukungCalonmu.com memiliki banyak sekali fitur. Berikut penjelasan dari setiap fitur:

1.  Desain sesuai dengan keinginan

Platform pemilihan online DukungCalonmu.com memiliki fitur yang sangat menarik. Anda dapat merubah tampilan platform sesuai dengan tema ataupun keinginan anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa menentukan sendiri domain yang anda inginkan.

2.  Jaminan keamanan hingga 256-Bit Encryption

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, platform pemilihan online berbayar berbeda dengan yang gratis. DukungCalonmu.com sangat menjamin keaman dari data pribadi panitia, pemilih, dan bebas dari kecurangan.

3.  Kirim email ke pemilih

Pemilih akan mendapatkan email otomatis yang berisi link pemilihan dan kode OTP yang hanya bisa dipakai sekali oleh setiap pemilih. Maka dari itu, sangat kecil sekali kemungkinan adanya kecurangan dalam aplikasi pemilihan online DukungCalonmu.com

4.  Kemudahan pendataan daftar pemilih

Akan sangat memudahkan bagi anda jika anda menggunakan online election DukungCalonmu.com salah satunya adalah memudahkan anda dalam pendataan daftar pemilih. Anda dapat dengan mudah mengurangi ataupun menambah data pemilih hanya dalam hitungan menit.

5.  Hasil Cepat dan Akurat

Tanpa perlu mengadakan perhitungan suara seperti yang dilakukan pada pemilihan konvensional. Online election DukungCalonmu.com akan mengeluarkan hasil yang realtime dan akurat.

6.  Memilih kapanpun dan dimanapun

Tanpa perlu mengadakan keramaian dan demi mensukseskan penanggulangan Pandemi Covid-19, online election menggunakan DukungCalonmu.com dapat dilaksanakan oleh panitia ataupun pemilih dimana saja dan kapan saja.

Kesimpulan

Politik yang bersih dan tentu saja bebas kecurangan merupakan hal yang kita semua dambakan. Aplikasi pemilihan online mungkin menjadi salah satu jawaban untuk awal sebuah perubahan. Mungkin memang masih membutuhkan jangka waktu yang cukup lama untuk merubah gaya semua pemilihan umum yang ada di Indonesia. Tetapi anda berkesempatan menjadi yang pertama untuk melakukan perubahan tersebut. Gratis atau tidak, semua pilihan anda. Jadi anda memilih yang mana?

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *