7 TIPS MENGATASI RASA STRESS SAAT MELAKUKAN WORK FROM HOME (WFH)

Kebijakan Work From Home (WFH) saat ini sudah sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Dampak dari kebijakan tersebut akan berpengaruh terhadap kebiasaan dan cara kerja masyarakat dalam melakukan pekerjaannya terutama dalam hal produktivitas. Meskipun kebijakan WFH ini sudah biasa dilakukan, namun masih saja banyak masyarakat Indonesia yang merasa mengeluh terhadap kebijakan tersebut.

Salah satu dampak yang paling dirasakan ialah stress. Menurut para ahli, penyebab stress tersebut berasal dari berbagai macam situasi yang tidak menentu dari faktor pandemi bahkan permasalahan yang ada di rumah. Memang sangat sulit untuk memisahkan antara tugas kantor dengan tugas domestik yang menimbulkan mereka merasa lelah secara emosional, fisik dan mentalnya.

DukungCalonmu ingin membagikan tips untuk mengatasi rasa stress tersebut dalam menghadapi WFH untuk bisa diterapkan di keseharian.

Mengatur Jadwal Setiap Harinya

Cara mengatasi stress saat WFH dapat dilakukan dengan mengatur jadwal keseharian kita. Dalam hal ini, Anda bisa menentukan kapan Anda melakukan kerja dan kapan Anda melakukan istirahat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat jurnal daily activities atau membuat noted kegiatan pada activities board. Dengan membuat jurnal daily activities tersebut, kegiatan Anda menjadi lebih tertata sesuai waktu yang telah ditentukan. Dan Anda dapat mengetahui kegiatan yang lebih prioritas untuk dilakukan dan waktu luang, sehingga lebih meningkatkan produktivitas.

Menjaga Tetap Berhubung dengan Rekan Kerja

Melakukan aktivitas yang hanya dibatasi di dalam rumah membuat kita menjadi terbatas juga untuk bersosialisasi dengan orang lain, sehingga akan lebih mudah merasa bosan. Kebijakan WFH ini membuat orang menjadi merasa memiliki jarak antar sesama rekan kerjanya. Biasanya untuk mengisi waktu jeda, orang tersebut berbincang dengan rekan kerja, kini menjadi praktis jarang dilakukan. 

Dengan demikian, usahakan tetap melakukan hubungan dengan rekan kerja atau orang luar untuk saling bertukar informasi dan cerita keseharian untuk menghilangkan rasa stress. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media.

Menyiapkan Bekal Sehat dan Siapkan Tempat Kerja Yang Nyaman

Meskipun hanya melakukan kerja di rumah, Anda tetap harus menjaga pola makan secara sehat dan teratur. Karena kebanyakan orang melakukan WFH menjadi doyan mengemil dalam waktu yang terus menerus akibat stress dan bosan. Sehingga mengakibatkan bertambahnya berat badan dan kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyiapkan makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya sesuai keinginan, berikut camilan sehatnya.

Selain makanan, Anda juga harus menyiapkan tempat kerja yang nyaman. Karena Anda akan bekerja dalam jangka waktu lama seharian penuh, sehingga Anda perlu menata tempat kerja serapih dan senyaman mungkin guna meningkatkan produktivitas kerja dan mengurangi rasa bosan.

Melakukan Olahraga Sederhana Secara Rutin

Salah satu cara untuk mengatasi stress adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Olahraga terbukti tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga mengurangi stress. Hal ini karena olahraga dapat membuat otot-otot tubuh menjadi rileks dan menenangkan. Anda tidak perlu membutuhkan waktu olahraga yang lama, cukup 10-15 menit sehari untuk menghilangkan stress.

Memberikan Penghargaan Untuk Diri Sendiri

Jangan terlalu memforsir kerja untuk selesai semua di waktu yang sama. Isi waktu luang Anda dengan memberikan apresiasi pada diri sendiri seperti menonton film, memakan cemilan sehat dan enak, berkebun, mendengarkan musik dan hal positif lainnya yang dapat meningkatkan mood Anda.

Jangan Ragu Untuk Katakan Tidak

Cara yang sama pentingnya untuk mengatasi stress selama WFH yaitu dengan mengatakan “TIDAK” apabila memperoleh pekerjaan tambahan. Dalam hal ini, Anda berhak menolak apabila pekerjaan yang dilimpahkan melebihi batas wajar dan Anda sudah tidak sanggup mengerjakannya serta waktu pun terbatas. 

Jika Anda terus mengatakan “YA”, tubuh dan pikiran Anda secara tidak langsung akan menjadi semakin lelah untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan tersebut. Untuk itu, Anda harus memprioritaskan kesehatan dan mengatakan tidak ketika Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan ekstra tersebut. 

Istirahat Yang Cukup

Setelah mengerjakan pekerjaan seharian penuh, Anda harus mengistirahatkan tubuh dan pikiran secukup mungkin guna memulihkan tenaga dan pikiran kembali untuk menjalankan aktivitas di hari selanjutnya. Tetapkan di jam berapa Anda harus tidur untuk menghilangkan rasa stress dan penat setelah bekerja. Hindari penggunaan ponsel pada saat jam tidur, sebab hal itu akan membuat kualitas tidur Anda menjadi buruk.

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan startup digital politik pertama dan satu-satunya di Indonesia. DukungCalonmu akan mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. DukungCalonmu akan menghadirkan Budaya Politik Baru yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat melalui Digitalisasi Politik guna lahirnya pemimpin-pemimpin yang akan membawa Indonesia lebih baik. Selain itu, DukungCalonmu memiliki tiga produk andalan, di antaranya Online Election, Tim Legal, dan DC Agency. 

Bersama DukungCalonmu, mari ciptakan #BudayaPolitikBaru bagi Indonenesia yang lebih baik.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *