Yuk Siapkan CVmu! Ini 5 Pekerjaan yang paling diminati

Melihat banyaknya jumlah lulusan universitas di tahun ini, para freshgraduate dituntut untuh lebih kreatif dan teliti tentang pekerjaan yang saat ini dicari oleh para perusanaan. Pada umumnya, seseorang akan mencari pekerjaan sebagai bentuk dari tanggung jawab dan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan. Dengan melihat perkembangan Society 5.0, diperlukannya keterampilan kerja yang semakin tinggi, kompetisi memperebutkan pekerjaan yang semakin ketat serta HRD yang mencari kandidat terbaik untuk perusahaannya. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, menjadikan ragam profesi yang lebih banyak. Berdasarkan dari beberapa sumber, berikut bidang pekerjaan yang paling banyak diminati pada tahun 2021.

1. Digital Marketing

Digital marketing merupakan pekerjaan yang saat ini sangat dibutuhkan untuk memasarkan sebuah produk di platform digital, hal ini dilatar belakangi oleh penggunaan teknologi yang terus meningkat serta jumlah pengguna internet yang terus naik. 

Dengan adanya digital marketing dapat memaksimalkan promosi penjualan yang dilakukan perusahaan dengan lebih spesifik agar dapat mencapai target, sehingga dapat menekan banyak biaya operasional dibandingkan dengan memasang iklan di media konvensional. 

Melakukan kegiatan promosi melalui digitak marketing dapatdilakukan dengan lebih spesifik berdasarkan kriteria yang dtentukan seperti lokasi daerah, usia, jenis kelamin dan lainnya.

2. UI/UX Designer

Banyak perusahaan yang membutuhkan UI/UX Designer untuk membuat aplikasi ataupun web perusahaan mereka agar menarik di dunia digital. User Interface (UI) / User Experience (UX) designer adalah kedua hal yang berbeda tetapi saling melengkapi. UI Designer berperan pada bagian tampilan sedangkan UX Designer melengkapi yang ada di balik layar dengan berdasarkan pengalaman dan kepuasan user saat menggunakan aplikasi ataupun website. 

Skill yang dibutuhkan untuk dapat bekerja di bagian UI/UX Designer yaitu Kemampuan memahami dan memvisualisasikan alur yang diikuti oleh pengguna, mampu memecahkan masalah dari user berdasarkan riset, mengerti tools yang digunakan oleh UI/UX Designer seperti Adobe XD, Figma, Marvel, Zeplin dan lain-lain. 

3. Web/Mobile App Developer

Banyaknya kegiatan yang dilakukan secara digital yang dilakukan oleh perusahaan, semakin banyak dibutuhkan seorang software developer. Seorang software developer memiliki tugas membuat dan mengembangkan produk yang mampu menjawab kebutuhan penggunanya.

Saat ini semakin banyak perusahaan Start Up yang mulai memanfaatkan web atau mobile untuk menjangkau target konsumen nya. Pekerjaan ini sangat membutuhkan bantuan divisi lain untuk bekerja sama mengembangkan aplikasi.

4. Business Development

Perusahaan sangat membutuhkan business development. Pekerjaan business development ini cocok untuk orang-orang yang suka berjejaring dan membangun relasi. Business development sebagai jembatan bisnis dengan menyusun strategi secara jangka panjang dan menyusun target agar tercapai. 

Agar perusahaan tetap berjalan, dibutuhkannya business development untuk mengidentifikasi peluang bisnis serta memonitor perkembangan yang ada di pasar. Orang-orang yang menginginkan posisi di profesi ini dituntut untuk serba bisa dan berwawasan luas. 

5. Data Scientist

Banyaknya pekerjaan yang berbasis teknologi, dibutuhkannya seseorang yang mampu mengolah data digital dalam jumlah besar, untuk menjaga serta membantu dalam proses pengambilan keputusan di suatu perusahaan. Pada era Revolusi Indstri 4.0 ini, menjadikan data scientist sebagai pekerjaan yang sangat di perlukan. Perusahaan harus melindungi data mereka dari serangan hacker, dan kejahatan siber lain. 

Perusahaan yang mempunyai trafik data yang tinggi baik data konsumen, penjualan, maupun statistik website membutuhkan seseorang yang mampu menyiapkan infrastruktur data. Dalam hal ini banyak perusahaan yang akan mencari “Data Scientist” dan “Data Engineer” untuk melakukan tanggung jawab ini. Data scientist di bidang ini dituntut untuk mahir menggunakan platform big data seperti Hadoop, Hive dan Pig serta pemahaman menggunakan SAS dan R untuk mengurangi beban komputer melakukan analisis data.

Tentang DukungCalonmu

Kalian udah tau tentang DukungCalonmu belum? DukungCalonmu merupakan start up pertama dan satu-satunya di Indonesia yang membahas mengenai hal politik. DukungCalonmu hadir untuk menciptakan budaya politik baru di Indonesia yang saat ini sedang tidak baik-baik saja keadaannya. Hadir dengan beberapa platform seperti Online Election, Kampanye Digital, DC Creative Agency, serta Tim Legal, DukungCalonmu menjadi platform yang sangat pas dalam upaya menumbuhkan partisipasi politik masyarakat di Indonesia. Bersama DukungCalonmu, mari bersama ciptakan budaya politik baru di Indonesia berbasis digitalisasi!

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *