Pemilihan Konvensional VS Pemilihan Online di Era Pandemi

Pemilihan Konvensional

Sebagian besar pemilihan di Indonesia masih menggunakan metode pemilihan konvensional. Anda dapat melihat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada tahun 2020 kemarin saat situasi pandemi masih berlangsung. Para pemilih tetap harus datang ke tempat pemilihan untuk memberikan suaranya dengan kertas suara dan kemudian memasukkan ke kotak suara. Hal ini tentu menyebabkan tantangan bagi panitia pemilihan untuk melaksanakannya secara aman sesuai dengan protokol kesehatan agar terhindar dari ancaman penyebaran virus pandemi.

Disamping itu, pemilihan yang berlangsung juga harus menjamin terwujudnya prinsip demokratis yang mengikuti asas pemilu. Tentunya muncul kekhawatiran pada tingkat partisipasi para pemilihan yang seharusnya diharapkan meningkat, tetapi sayangnya tidak jarang di beberapa daerah tingkat partisipasinya menjadi lebih rendah karena banyak pemilih takut terhadap penyebaran virus pandemi. Bagi panitia pemilihan pula, hal ini juga menjadi tantangan karena sumber daya yang terbatas.

Hal ini dikarenakan bahwa di tempat pemilihan membutuhkan sumber daya manusia untuk melaksanakan persiapan dan saat pemilihan pada hari H, seperti untuk mengatur antrian pemilihan, membereskan kotak pilih, menghitung surat suara, dan menjaga protokol kesehatan dengan baik. Hal ini yang menyebabkan lambatnya proses penghitungan suara, kurang akuratnya hasil perhitungan suara, tidak jarang salinan terhadap kertas suara yang hilang, sulitnya perhitungan kembali jika terjadi ketidakpercayaan terhadap hasil perhitungan suara, dan kemudian menimbulkan konflik yang tidak diinginkan.

Tetapi, apakah pemilihan konvensional dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi seperti saat ini? Tentu bisa, tetapi dengan metode pemilihan baru yakni pemilihan online.

Pemilihan Online

Dengan banyaknya permasalahan tersebut, khususnya dalam penyelenggaraan pemilihan di Indonesia, maka muncullah gagasan untuk melaksanakan penyelenggaraan pemilihan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, yakni Pemilihan Online. Hal ini juga didukung dengan semakin luasnya jaringan komunikasi dan biaya komunikasi yang semakin murah dan efektif. Pemilihan online ini dapat memberikan manfaat yang mempermudah jalannya proses pemilihan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Salah satunya yang dapat Anda kenal dengan Pemilihan Online dari DukungCalonmu.com yang menyediakan sebuah platform pemilihan dengan mudah dan efektif, tanpa harus khawatir dengan penyebaran virus. Selain itu, kehadiran DukungCalonmu.com dapat memberikan keuntungan bagi Panitia Pemilihan, yakni mempermudah panitia pemilihan dan organisasi dalam melaksanakan pemilihan dengan aman, terhindar dari penyebaran virus pandemi.

Selain itu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk datang jauh-jauh ke tempat pemilihan. Anda dapat menghemat waktu karena dengan menggunakan internet, Anda dapat “mencoblos” calon kandidat terpilih dengan sekali klik saja. Panitia pemilihan tidak perlu lagi repot-repot untuk menyewakan atau mempersiapkan ruangan, kertas suara, meja, kursi untuk tempat pelaksanaan pemilihan. Tentunya, dapat dipastikan dan dijamin bahwa tingkat partisipasi akan lebih tinggi daripada pemilihan konvensional.

Pemilihan Online dari DukungCalonmu.com juga memberikan fitur bagi kandidat dalam menampilkan visi, misi, program kerja, dan materi kampanye dalam satu webpage yang terintegrasi dengan pemilihan. Berbeda dengan pemilihan konvensional yang menampilkan materi kampanyenya dengan spanduk, baliho, dan belusukan ke daerah-daerah. Berkampanye dengan menggunakan panggung yang besar, menggunakan hiburan dan alih-alih menyuarakan janji-janji kepada masyarakat.

Baca juga: Aplikasi Pemilihan Online yang Dapat Kamu Manfaatkan di Tengah Pandemi Covid-19

Di masa pandemi ini, pemilihan online dari DukungCalonmu.com merupakan salah satu solusi bagi pemilihan di Indonesia. Pemilihan konvensional sudah tidak zaman lagi karena saat ini pula telah berkembang teknologi yang dapat mempermudah dan memberikan kenyaman bagi para pemilih. Jadi, apa yang akan Anda pilih? Pemilihan online dari DukungCalonmu.com dong pastinya!

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *