Mengenal Lebih Jauh Jurusan Ilmu Politik

Salah satu tahap seleksi untuk masuk perguruan tinggi adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri yang melalui nilai rapor dan prestasi akademik. Di tahun 2022, LTMPT mewajibkan setiap PTN untuk mengalokasikan minimal 20% dari jumlah mahasiswa yang akan diterima untuk jalur SNMPTN.

Namun perlu diingat, terdapat beberapa syarat bagi pelajar untuk dapat mengikuti SNMPTN, yaitu siswa sudah memiliki akun LTMPT yang dipermanenkan. Selain itu, siswa harus masuk ke dalam kuota eligible untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN. Terakhir, nama siswa terdapat di dalam daftar Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Apabila kamu berkesempatan untuk mengikuti SNMPTN, kamu bisa memilih jurusan yang kamu inginkan dengan masuk di laman snmptn.ltmpt.ac.id. Login SNMPTN menggunakan akun LTMPT pribadi yang telah dipermanenkan dengan mengisi email dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya. Lalu, kamu mengisi program studi yang diinginkan. Apabila kamu memilih 2 program studi, salah satu program studi yang kamu ambil harus berada di universitas di provinsi yang sama dengan domisili kami. Namun, apabila kamu hanya memilih 1 program studi, kamu bebas memilih program studi di universitas manapun.

Pendaftaran SNMPTN dibuka dari tanggal 14 sampai 28 Februari 2022. Artinya, waktu kamu untuk memilih perguruan tinggi pada SNMPTN 2022 semakin sedikit. Sudahkah kamu menentukan jurusan yang ingin diambil saat SNMPTN?

Bagi kalian yang masih bingung ingin mendaftar ke mana, DukungCalonmu ingin merekomendasikan sebuah jurusan, nih. Jurusan ini pun masih belum terlalu dikenal oleh banyak orang, sehingga peluang kamu untuk diterima kemungkinan akan lebih besar. Selain itu, jurusan ini memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan kedepannya.

DukungCalonmu kali ini ingin membahas mengenai jurusan Ilmu Politik!

Sebelumnya, jurusan ilmu politik ini apa sih? Jurusan ilmu politik merupakan salah satu jurusan yang mempelajari bidang ilmu yang berhubungan dengan fenomena politik, baik skala nasional maupun global. Mahasiswa jurusan ilmu politik akan dibekali ilmu untuk mendukung mereka dalam menawarkan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan politik. Intinya, kamu akan belajar untuk menganalisis fenomena politik yang ada.

Beberapa mata kuliah yang kemungkinan bisa kamu ambil ketika masuk ke dalam jurusan ini antara lain studi demokrasi, komunikasi politik, kebijakan publik, sosiologi politik, partisipasi politik, dan sejarah perpolitikan di Indonesia maupun mancanegara. Selain itu, di jurusan ilmu politik, kamu juga dapat mempelajari teori dan praktik politik, sistem politik, dan perilaku politik. Lulusan jurusan ilmu politik diharapkan dapat memiliki pengetahuan yang luas dan memadai mengenai berbagai isu politik nasional maupun global.

Nah, menarik bukan? Berbicara mengenai ilmu politik, DukungCalonmu ingin memberikan beberapa rekomendasi PTN yang memiliki program studi ilmu politik, nih. Mau tahu apa saja? Check this out…

1.   Universitas Indonesia

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, tentu saja Universitas Indonesia memiliki program studi ilmu politik, yang berakreditasi A. Daya tampung Ilmu Politik UI di SNMPTN 2022 berjumlah 24 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 546 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 4,4%.

2.   Universitas Padjadjaran

Salah satu universitas terbaik di Indonesia lainnya, yaitu Universitas Padjadjaran (UNPAD) memiliki program studi ilmu politik, yang berakreditasi A. Daya tampung Ilmu Politik UNPAD di SNMPTN 2022 berjumlah 22 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 602 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 3,65%.

3.   Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada tidak memiliki program studi ilmu politik. Namun, UGM memiliki program studi politik dan pemerintahan, yang sama-sama mempelajari tentang dunia perpolitikan. Daya tampung program studi ini di SNMPTN 2022 berjumlah 23 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 638 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 3,61%.

4.   Universitas Brawijaya

Sebagai salah satu universitas terkemuka di Jawa Timur dan Indonesia, Universitas Brawijaya juga memiliki program studi ilmu politik yang terakreditasi A. Daya tampung Ilmu Politik UB di SNMPTN 2022 berjumlah 55 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 856 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 6,43%.

5.   Universitas Airlangga

Universitas negeri terkemuka yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki program studi ilmu politik yang terakreditasi A. Daya tampung Ilmu Politik UNAIR di SNMPTN 2022 berjumlah 33 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 382 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 8,64%.

6.   Universitas Hasanuddin

Sebagai universitas negeri terbaik di daerah Timur Indonesia, Universitas Hasanuddin yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan ini memiliki program studi ilmu politik yang terakreditasi A. Daya tampung Ilmu Politik UNHAS di SNMPTN 2022 berjumlah 32 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 453 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 7,06%.

7.   Universitas Jenderal Soedirman

Universitas negeri terkemuka yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah ini memiliki program studi ilmu politik yang terakreditasi A. Daya tampung Ilmu Politik UNSOED di SNMPTN 2022 berjumlah 36 kursi. Sedangkan, peminat program studi ini pada tahun 2021 berjumlah 619 orang. Artinya, passing gradenya sebesar 5,82%.

Setelah kita membahas mengenai beberapa PTN yang memiliki program studi ilmu politik, Dukung Calonmu ingin membahas beberapa prospek kerja lulusan dari jurusan ilmu politik, nih. Yuk simak informasinya.

1.   Anggota partai politik

Mungkin, bidang profesi yang paling linear dengan jurusan ilmu politik adalah anggota partai politik. Di partai politik, kamu akan berusaha untuk mendengar aspirasi rakyat untuk selanjutnya dituangkan ke dalam gagasan dan program kerja partai.

2.   Anggota legislatif

Apabila kamu sudah menjadi anggota partai politik, kamu berkesempatan menjadi anggota legislatif yang duduk di DPR, DPRD Provinsi, maupun DPRD tingkat Kabupaten/Kota. Namun, menjadi anggota legislatif membutuhkan usaha dan dana yang tidak sedikit.

3.   Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Selanjutnya, kamu juga berkesempatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ilmu-ilmu yang telah kamu pelajari di bangku perkuliahan bisa kamu gunakan untuk menciptakan kebijakan publik yang berkualitas sekaligus mensejahterakan masyarakat.

4.   Peneliti lembaga survei

Saat ini, banyak sekali lembaga survei politik yang beroperasi di Indonesia. Contohnya Poltracking, Lingkaran Survei Indonesia, Lembaga Survei Indonesia, Saiful Mujani Research Center, dan Indo Barometer. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti sekaligus mengkaji persepsi masyarakat mengenai fenomena politik yang ada.

5.   Jurnalis

Bermodalkan pengetahuan yang kamu punya selama berkuliah, ditambah dengan pengetahuan yang luas mengenai isu politik di dalam maupun luar negeri, kamu bisa banget untuk berkarir sebagai seorang jurnalis.

6.   Tenaga pengajar

Terakhir, kamu bisa banget berkarier sebagai dosen ilmu politik maupun bidang lain yang relevan. Syaratnya, kamu harus melewati pendidikan pascasarjana terlebih dahulu.

Selain pekerjaan di atas, sebagai lulusan ilmu politik, kamu cocok banget untuk bekerja di DukungCalonmu, loh. Terus, DukungCalonmu itu apa, sih?

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan startup digital politik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Kami hadir untuk membantu mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. Kami memiliki dua platform yang dapat memecahkan permasalahan politik di Indonesia yaitu Online Election dan Platform Kampanye Digital yang akan memudahkan setiap organisasi/komunitas selama pemilihan. Bersama DukungCalonmu mari kita ciptakan budaya politik baru bagi Indonesia yang lebih baik!

Kunjungi website kami agar ketahui kami lebih lanjut www.dukungcalonmu.com

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *