Ikut Pemilu dari luar angkasa kok bisa? Yuk Simak Fakta Unik Pemilu di Berbagai Negara

Pemilu yang merupakan singkatan dari Pemilihan Umum, adalah suatu wujud dari sebuah demokrasi dimana masyarakat diberikan hak untuk memilih atau menentukan pemimpin yang diinginkan. Pemilu dianggap sebagai hal utama yang mendasari adanya demokrasi pada suatu negara. Masing – masing negara mengadakan pemilu dengan berbeda – beda cara maupun sistem. Sistem yang diterapkan pada pemilihan umum merupakan suatu metode yang digunakan dalam mengatur jalannya pemilihan oleh warga negara yang akan memilih salah satu dari wakil rakyat yang mencalonkan diri. 

Di Indonesia sendiri, pemilihan umum dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Hal ini diikuti  adanya aturan yang menjelaskan mengenai masa jabatan pada pemerintahan berlangsung selama 5 tahun. Pemilihan umum di Indonesia biasa dilaksanakan dengan menggunakan sistem pemilihan secara konvensional berupa surat suara. Pada TPS (Tempat Pemungutan Suara) nantinya akan disiapkan 2 hingga 3 bilik yang merupakan tempat untuk memilih atau mencoblos surat suara. Surat suara berisikan foto dan nomor para kandidat. Namun, selain yang biasa dilaksanakan ada fakta menarik pada pemilihan di Indonesia dan di negara lain. Apa aja sih fakta pemilihan menarik lainnya? Yuk simak berikut ini. 

Astronot Bisa Ikut Pemilihan di Amerikat Serikat 

Kebijakan ini dilakukan setelah dikeluarkan oleh Parlemen Texas, Amerika Serikat yang memungkinkan adanya pemungutan suara di luar angkasa. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi para astronot yang bertugas untuk tetap dapat ikut andil dan menggunakan hak suaranya dalam pemilihan yang diadakan. Dan demi terjaganya privasi saat pemilihan, terdapat bilik yang dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Pada tahun 2020, Kate Rubins merupakan salah satu astronot Amerika Serikat yang ikut merasakan pemilihan di luar angkasa dan momen tersebut diabadikannya bersama kotak bilik yang bertuliskan “ISS Voting Booth”. 

Di Irlandia Dapat Memilih Beberapa Kandidat Sekaligus

Berbeda dengan di Indonesia yang hanya memilih satu kandidat pada setiap masing – masing jajarannya. Di Irlandia sendiri, para pemilik hak suara di bebaskan untuk memilih beberapa kandidat sekaligus. Meski begitu, para pemilik hak suara harus tetap mengurutkan kandidat yang dipilih sesuai dengan prioritas yang diinginkannya. 

Kelereng Diijadikan Alat Pemungutan Suara

Sistem pemilihan ini diterapkan salah satu wilayah di negara Afrika Barat. Mungkin terdengar lucu dan asing, namun warga Gambia menggunakan cara ini untuk melakukan pemilihan Presiden. Cara ini digunakan untuk membantu para warga agar lebih mudah dalam menggunakan hak pilih nya, mengingat wilayah Gambia memiliki tingkat buta huruf yang cukup tinggi. 

Nantinya para pemilik hak suara akan memasukkan kelereng ke dalam luban kecil yang ada pada drum yang telah ditempelkan masing – masing kandidat. Selain itu, di dalam drum telah disediakan lonceng yang akan berbunyi ketika kelereng dijatuhkan untuk menandakan masing – masing hanya mendapat 1 hak pilih saja. 

Korea Utara Ikut Melaksanakan Pemilu 

Dikenal sebagai negara otoriter dan memiliki indeks demokrasi yang terkecil, Korea Utara tetap mengadakan pemilu untuk pemilihan legislatif. Pemilu ini diadakan setiap 5 tahun sekali. Perbedaannya, kandidat yang akan dipilih hanya satu dan tetap merupakan bagian dari Dinasti Kim. Selain itu, para pemilik hak suara hanya diberikan pilihan di kertas suara yaitu mendukung atau menolaknya. Dan hasil dari pemilu tersebut bisa hampir seratus persen memilih kandidat yang diberikan. Mengingat bahwa apabila terdapat salah satu warga ada yang tidak mendukung maka memungkinkan dikejar oleh para polisi rahasia Korea Utara. 

Tentang DukungCalonmu

DukungCalonmu merupakan start up digital politik pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia. Kami hadir untuk membantu mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensional Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. Kami memiliki dua platform yang dapat memecahkan permasalahan politik di Indonesia yaitu Online Election dan Platform Kampanye Digital yang akan memudahkan setiap organisasi/komunitas selama pemilihan. Bersama DukungCalonmu mari kita ciptakan budaya politik baru bagi Indonesia yang lebih baik!

Kunjungi website kami agar ketahui kami lebih lanjut www.dukungcalonmu.com

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *